KEBIJAKAN LAYANAN COLOCATION
No Dokumen. Tel_U-UT-REK-DSI-DI-PM-010
Layanan Colocation adalah layanan penyimpanan server fisik yang disediakan oleh Direktorat Pusat Teknologi Informasi (PUTI) untuk memfasilitasi Teknologi Informasi di lingkungan Telkom University.
Pengguna Layanan Colocation yaitu:
- Unit
- Prodi
- Kelompok Keahlian
- Direktorat
- Fakultas
Di telkom University
Spesifikasi Standar Layanan Colocation
No | Spesifikasi Item | Value | |
1 | Ukuran Server | Depth | Maksimal 800 mm |
U mount | Sesuai kebutuhan user | ||
2 | Informasi Server | Serial Number | ………… |
IP Address | ………… | ||
Merek/Brand Server | ………… | ||
3 |
Port | Akses via jaringan public menggunakan web browser | 80 dan 443 (WAF) |
Akses via jaringan intranet | 80 dan 443 (WAF) | ||
Akses jaringan via VPN | 80, 443 (WAF) 22 (Linux) 3389 (Windows Server) | ||
Kebutuhan akses internet dari server | 80 dan 443 |
Hak dan Kewajiban Pengelola Layanan
a. Pengelola berhak untuk melakukan penghentian total layanan Colocation sesuai permintaan Pengguna Layanan atau jika layanan digunakan tidak sesuai dengan aturan.
b. Pengelola berhak untuk melakukan penghentian total layanan Colocation jika layanan tersebut dinyatakan terindikasi malware, ransomware, malicious websites, dan online threat lainnya yang merugikan Universitas Telkom.
c. Pengelola berhak memonitor penggunaan layanan Colocation secara rutin maupun insidental.
d. Menyediakan infrastruktur yang memadai agar layanan Colocation dapat berjalan dengan semestinya berupa fasilitas tempat ruang server, jaringan, dan listrik.
e. Memastikan uptime SLA infrastruktur (network, power) di 95% per triwulan.
f. Pengelola menyediakan spesifikasi default dari layanan Colocation.
g. Pengelola menyediakan spesifikasi upgrade dari layanan Colocation yang telah disetujui.
h. Pengelola memberikan Berita Acara Serah Terima (BAST) layanan Colocation kepada User.
Hak dan Kewajiban Pengguna Layanan
a. Pengguna Layanan berhak untuk melakukan akses penggunaan dan pengelolaan layanan Colocation sesuai dengan permintaan yang telah disetujui.
b. Pengguna Layanan berhak untuk melakukan upgrade layanan Colocation sesuai ketentuan pada Standar Kriteria Layanan Colocation.
c. Pengguna Layanan berkewajiban menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA) jika permintaan akses jaringan publik dan tidak melalui VPN.
d. Pengguna Layanan berkewajiban melakukan proses instalasi & setup, operation & maintenance dan backup terhadap data atau aplikasi yang terdapat di dalam layanan Colocation dan melakukan restore secara mandiri terhadap data atau aplikasi yang diperlukan.
e. Tidak menggunakan fasilitas yang telah diberikan untuk menghasilkan, mendapatkan, menyimpan atau mendistribusikan materi yang cenderung menyebabkan pelanggaran/ilegal.
f. Tidak diperbolehkan dengan sengaja berusaha menghindari sistem keamanan yang telah ada.